Ada Apa di Kompas Travel Fair 2015?

Kompas Travel Fair 2015, adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia Group. Kompas Travel Fair (KTF) sudah ada sejak tahun 2012, didukung sekitar 9 maskapai penerbangan, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Pada tahun 2014, saya datang untuk pertama kalinya ke acara Kompas Travel Fair. Tahun ini, saya sudah niat untuk datang lagi, sampe-sampe gambar brosur Kompas Travel Fair 2015 saya jadikan walpaper Ipad biar inget dan gak kelupaan.

Akhirnya beneran gak kelupaan. Setiap lihat Ipad, selalu ingat tanggal event KTF. Jadi, tips biar gak lupa dateng ke suatu acara, cobalah masukan gambar jadwal ke walpaper desktop pc atau smartphone Anda. *hehe

kompas_travel_fair_2015_pintu_masuk
Gerbang masuk Kompas Travel Fair 2015

Kompas Travel Fair 2015, berlangsung pada tanggal 28-30 Agustus 2015. Sama seperti tahun lalu, bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC).

Tahun 2014 lalu, saya dan istri gak dapet promo paket apa-apa, hanya beli tas koper, ambil brosur promo, dan guidance trip ke Hong Kong. Alhamdulillah, kesemuanya itu terpakai sampai Hong Kong, jadi gak sia-sia deh pada waktu itu dateng ke Kompas Travel Fair.

Nah! tahun 2015 ini, saya dan istri mencoba peruntungan lagi, kali aja dapet promo paket liburan murah.  Datang pada siang hari,  Sabtu 29 Agustus 2015. Niat awalnya mau pakai motor, tapi cuaca jekardah terik sekali. Lagian nanti kalo dapet barang lucu yang bisa dibawa pulang, kan bisa masuk mobil.

kompas_travel_fair_2015_antrian
Antrian tiket Kompas Travel Fair 2015

Gak seperti tahun lalu, dapet tas koper murah, sangking senangnya sampe lupa, kalo pulangnya naik motor. Terpaksa, naik motor matik sambil bawa koper segede gaban, untungnya saya dan istri muka tembok *haha

Harga tiket masuk Kompas Travel Fair

Jam buka pameran adalah pukul 10.00 pagi  s/d 21.00 malam. Tiket masuk ke acara kompas travel fair menurut saya tergolong murah, hanya Rp. 20.000 per orang. Anak kecil dibawah usia 5 tahun dan orang tua di atas 65 tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Anda bisa juga masuk gratis ke Kompas Travel Fair 2015 apabila punya kartu kredit CIMB Niaga. Untungnya istri saya punya kartu kredit itu, jadi gak masalah antri panjang di loket khusus CIMB Niaga demi tiket gratis *nyengir kuda

Apa isinya Kompas Travel Fair?

kompas_travel_fair_2015_cendrawasih_room_jccPromo paket liburan dari berbagai agen perjalanan. Stand ini khusus ada di dalam Cedrawasih Room 1. Banyak agen perjalanan ternama seperti Dwidaya tour, Panorama Tour, Travelicious dan lain-lain. Semuanya memberikan promo paket perjalanan baik luar negeri ataupun domestik.

kompas_travel_fair_agen_perjalanan_
Salah satu biro perjalanan yang paling ramai dikunjungi

Promo paket menginap dan taman bermain. Ada juga stand promo paket menginap di hotel, resort dan villa. Seperti hotel Amaris, Shantika, resort Tanjung Lesung dan lain-lain. Untuk promo wahana bermain, ada paket menarik dan diskon dari waterbom, arung jeram dan lain-lain.

Promo langganan majalah travel. Yang gak pernah absen di acara ini adalah National Geographic, stand ini sering ramai. Biasanya promo yang ditawarkan adalah promo langganan majalalah pertahun plus embel-embel gratis anu dan ini. Sempat lihat kemarin, ada promo langganan majalah National Graphic setahun dengan gratis travel adapter.

Stand barang jualan. Isinya gak banyak sih, sejauh mata memandang cuma ada kacamata sama tas koper aja. Buat para backpacker yang lagi nyari-nyari perlengkapan naik gunung siap gigit jari, karena emang gak ada.

kompas_travel_fair_2015_diskon_tas_koper
Diskon tas koper yang cukup menggoda

Stand maskapai penerbangan. Terdiri dari maskapai luar dan dalam negeri. Kalo mau cek-cek harga tiket pesawat bisa di stand ini.

Panggung untuk talkshow. Di Kompas Travel Fair 2015, Anda juga bisa mendengarkan beberapa talkshow dengan tema yang beragam. Kebanyakan sih, sharing pengalaman travelling ke luar negeri atau ke Indonesia.

kompas_travel_Fair_seminar_talkshow_2015
Talkshow: Beautiful Indonesia with travel expert

Kesan mengunjungi Kompas Travel Fair 2015

Asik sih, kayaknya lebih ramai dari tahun kemarin. Hanya saja, kalo menurut saya, acara ini lebih cocok bagi para traveler yang beneran mau jalan-jalan nyaman.

kompas_travel_fair_2015_duduk_istirahat
Ruang duduk untuk istirahat kalo cape muter-muter

Kategori flashpacker” masih masuk buat datang ke acara ini, tapi kalo buat para backpacker yang beneran cari harga miring sepertinya kurang cocok.

kompas_travel_fair_2015_stand_kementrian_pariwisata_indonesia
Booth Kementerian Pariwisata. Hanya kasih brosur tempat-tempat eksotis Indonesia

Paket perjalanan yang ditawarkan oleh agen tour kebanyakan “Land Only”, artinya belum termasuk tiket pesawat. Jadi harus jeli dalam memilih paket perjalanan.

Apa yang saya dapat?

kompas_travel_fair_2015_poster_national_geographic
Poster Infographic dari National Geographic Indonesia

Gak ada yang spesial sih, masih belum bisa menerapkan pepatah “hari ini harus lebih baik daripada kemarin” karena nyatanya apa yang saya dapat di Kompas Travel Fair 2015  tidak jauh beda sama tahun kemarin, hanya brosur-brosur perjalanan, poster gratisan dari National Geographic dan tas koper baruuu … *haha

Advertisements

12 comments

  1. Tanggal 25-27 September ini katanya ada Garuda Travel Fair juga kan? Rencana ke sana jg mas? Pengalaman tahun lalu dateng ke situ ada banyak tiket promo Garuda di event ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s