Snorkeling Singkat di Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

Ini perjalanan saat libur lebaran 2015. Letak pantai Sadranan, sangat dekat dengan pantai Indrayanti, karena masih dalam satu gugusan pantai selatan yogyakarta. Pada saat saya datang ke tempat ini, pantai Sadranan masih cukup bersih dan sepi, padahal pas libur lebaran. Tidak seperti pantai sebelahnya, pantai Indrayanti yang sudah cukup ramai. Padahal beberapa bulan lalu, saat saya ke Indrayanti, masih belum ramai.

pantai_sadranan_gunung_kidul_yogya_jogja_2

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta:

Kekurangan Pantai Sadranan:

  • Akses cukup jauh dari kota Yogyakarta – Jalur sangat berliku dan sempit. Tidak banyak plang atau tanda petunjuk ke pantai Sadranan.
  • Tidak bisa berenang bebas – Karena banyak batu karang tajam, tidak bisa menjelajah jauh ke pantai tanpa sepatu tebal
  • Tempat parkir kurang luas – Parkir agak sempit untuk mobil

Kelebihan Pantasi Sadranan:

  • Pantai Sadranan masih bersih – Air masih cukup jernih dan tidak kotor (2015)
  • Habitat ikan dan karang di Pantai Sadranan masih cukup baik – Pada saat Anda snorkling, masih bisa ditemukan terumbu karang yang baik dan habitat ikan yang unik dan menarik, Anda berasa melihat ikan-ikan seperti di discovery channel atau National Geographic Wild
  • Biaya masuk murah – Masuk hanya Rp. 10.000 pada retribusi awal (2015)
  • Biaya makan dan kamar mandi murah – Saya tidak coba makan di sana, tapi dengan indikator harga es jeruk Rp. 2000 dan sewa kamar mandi cuma Rp 3000 saya rasa itu sudah cukup murah.
  • Biaya Snorkling di Pantai Sadranan murah dan Alatnya masih bagus – Jarang2 ada biaya snorkling cuma Rp. 25.000, itu sudah termasuk pelampung, sepatu dan alat snorkling itu sendiri.
  • Pelayanan ramah dan baik – Mas-mas atau mbak-mbak disana tergolong masih ramah. Pada saat kami sewa snorkling, kaki keluarga saya cukup besar, dan tidak banyak tersedia size besar, namun para staff terus berusaha keras untuk mencari. Kemudian, ada 2 anggota keluarga saya yang tidak ingin nyebur, tapi tidak bisa ke laut, karena karang yang tajam mewajibkan kita untuk pakai sepatu. Kemudian mas-mas tukang snorkling menawarkan jasa sepatunya secara gratis, padahal seharusnya bayar, tapi mungkin karena kami sudah order perlengkapan snorkling banyak kali ya? jadi di kasih gratis sepatu.
    Kemudian mas-mas itu juga sudah sedia obat2 an seperti betadine, kapas, dan alkohol. Karena pasti akan ada yang kena beset karang tajam.

pantai_sadranan_gunung_kidul_yogya_jogja_1
Air masih jernih, tapi batu karang banyak yang tajam

Tips bepergian ke Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta:

1) bawalah obat-obatan luka – Seperti betadine, alkohol dan kapas. Karena pasti anda akan ada sedikit luka baret, atau tertusuk karang tajam. Arus yang kadang2 besar, sering menerjang Anda dan membuat Anda sedikit terpeleset, dan ketika terpeleset, kaki atau tangan anda pasti akan kena karang.

2) Gunakan aplikasi maps – seperti google maps, atau waze. Hal tersebut sangat membantu untuk mengarahkan ke lokasi pantai. Saya sendiri sangat terbantu dengan adanya aplikasi Waze. Tidak hanya menunjukkan lokasi, tetapi juga memberikan beberapa rute alternatif untuk menghindari macet, apalagi saat situasi lebaran yg biasanya bakal parah macetnya di Yogyakarta

3) Jangan lupa bawa baju ganti – apalagi jika Anda berniat untuk basah-basahan.
4) Banyak bawa uang receh – karena di beberapa titik tikungan, ada beberapa mas-mas relawan yang bersedia untuk memberikan informasi jalan, namun tentu saja tidak gratis, biasanya mereka bawa kotak kardus untuk dimasukan uang sukarela.
5) bawalah kamera terbaik anda – Jangan sampai anda menyesal, karena pemandangan disini cukup bagus, saran saya, cobalah untuk mengambil pemandangan / selfie dari atas bukit karang yang di sebelah kanan. Akses tangga masuk, dekat dengan mushola. Dari tempat ini, pemandangan sangat luar biasa pada saat cuaca cerah.

pantai_sadranan_gunung_kidul_yogya_jogja_3
Sang istri (tengah) sehabis snorkeling di Pantai Sadranan

So, walaupun saya mengalami beberapa luka baret terkena karang tajam, tapi itu tidak ada apa-apanya dengan pengalaman kunjungan ke Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta yang cukup murah, bersih dan sangat indah.

Dengan tips ke pantai Sadranan Gunung Kidul yogyakarta, dan telah mengetahui kelebihan dan kekurangan Pantai Sadranan Gunung kidul Yogyakarta ini, saya harap Anda sudah siap dan memulai untuk traveling ke pantai ini.

Semoga bermanfaat,

Advertisements

7 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s