Kunjungan Ke Lereng Gunung Merapi

Wisata Lereng Gunung Merapi. Kali ini kembali membuka arsip lama di folder picture. Tertera dengan nama folder “Liburan Nyepi” dan itu adalah tahun 2012.  Pada liburan itu, saya sekeluarga mudik ke kampung. Setelah sampai di sana, entah direncanakan atau tidak, bokap akhirnya ingin mengunjungi lereng gunung Merapi. Kebetulan letaknya tak jauh dari kampung gw.

Kondisi di lereng gunung merapi tersebut memang masih belum normal setelah di hantam Wedus Gembel” yang menewaskan Mbah Marijan.

Di sana tetap masih ada kehidupan. Hanya saja tidak terlalu ramai. Saya baru tahu, ternyata di lereng Merapi ini dibuka untuk umum, bahkan seperti tempat wisata.

Masalahnya, gunung Merapi adalah salah satu gunung yang masih aktif, sangat absurd apabila tempat wisata terdapat di wilayah yang sangat berbahaya.

Di tempat ini, kita bisa melihat pemandangan Gunung merapi secara dekat. Tidak hanya itu, di sana juga dibangun sebuah tempat, dimana terdapat barang-barang seperti mobil dan motor bekas terkena “wedus gembel” layaknya sebuah tempat napak tilas.

bekas wedus gembel gunung merapi
Beberapa bekas barang dan kendaraan akibat wedus gembel

Kalau tidak salah, mobil tersebut adalah mobil salah satu stasiun tv berita Indonesia yang ingin meliput aktifitas vulkanik di Gn. Merapi.  Terjebak “wedus gembel”, penumpang dalam mobil tersebut pun tewas seketika. Kemudian mobilnya di abadikan di kawasan wisata ini.

Selain itu, makam dari Alm Mbah Marijan juga terdapat di sini. Keluarga kami sempat berbincang-bincang dengan salah satu kerabat dari Mbah Marijan. Kerabat tersebut berprofesi sebagai juru parkir dan ada juga yang berprofesi sebagai pedagang. Keduanya masih selamat dan beraktifitas di kawasan tersebut.

Lalu apalagi yang terdapat di wisata lereng gunung ini?

Anda bisa menyewa Jeep atau Motor trail untuk mencoba menanjak lereng ini dan memacu adrenaline Anda. Untuk sewa Jeep kalo tidak salah sebesar Rp. 200.000. Untuk motor trail saya lupa.

Terdapat juga menara yang cukup tinggi untuk melihat pemandangan yang cukup menawan. Menurut saya, tempat wisata ini walaupun cukup masih terbilang berbahaya, tapi masih worth it untuk dikunjungi.

menara lereng merapi
Menara Merapi

Andai saja pemerintah setempat masih dapat memaksimalkan kawasan ini, tentu  akan membuat  banyak turis luar ataupun dalam negeri yang singgah dan dapat menghidupkan kembali masyarakat di sekitar merapi. dengan  meraup keuntungan dari aktifitas pariwisata.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s